Lifestyle Sport Blog

Lifestyle Sport Blog

#LigaBloggerIndonesia Bongkar Kebiasaan Lama Ngeblog

Pada waktu kegiatan ngeblog sedang ngehits di Indonesia sekitar tahun 2007-2008, beberapa pakar media sosial berpendapat bahwa kegiatan ngeblog akan surut penggemarnya seiring bertumbuhnya platform media sosial lain. Opini pakar-pakar media sosial tadi bisa jadi ada benarnya bila melihat kegiatan pemakai media sosial saat ini yang lebih aktif ngetuit di Twitter, upload foto di Instagram, ataupun upload video di You Tube. 

Namun kegiatan ngeblog tetap diminati oleh banyak orang hingga saat ini, karena blogger yang ngeblog berevolusi dengan kreatifitas masing-masing. Aktifitas ngeblog pada masa awal tumbuh di Indonesia sangatlah sederhana yakni blogwalking dan saling mengomentari postingan teman blog (pertamax merupakan kata yang dulu sangat populer). Setelah itu muncullah kegiatan baru dalam dunia blog yaitu membuat cerita berantai, atau mengadakan give away. Kini kegiatan ngeblog berevolusi seiring waktu dimana blogger bisa mendapatkani penghasilan tambahan melalui blog dengan cara mengerjakan job review ataupun memasang iklan di blog.
Ilustration from: rickischultz.wordpress.com
Namun kerap kali seorang blogger menemui kendala klasik dalam ngeblog, yaitu  susah untuk konsisten mengupdate artikel terbaru di blognya. Salah satu faktor yang mempengaruhi seorang blogger susah konsisten mengupdate blognya yakni blogger tidak terikat dengan tugas kewajiban kerja dengan pihak manapun untuk tetap tentu mengupdate artikel blognya. Karena itu diperlukan passion dan loyalitas dari seorang blogger.

Seperti yang gue sebutkan di atas,dunia blog mengalami evolusi karena kreatifitas blogger, termasuk juga mencari solusi untuk mengajak blogger-blogger kembali konsisten mengupdate artikel terbaru. Beberapa blogger muda berinovasi dan berinisiatif mengadakan sebuah kegiatan ngeblog  dalam bentuk liga yang tujuannya mengajak kembali para blogger konsisten update blog. Liga ngeblog yang gue maksud adalah Liga Blogger Indonesia yang diadakan oleh komunitas Dot Semarang.

Gue pribadi tahu persis sejarah awal ide liga blog ini,dimana ini berawal dari perbincangan santai pada acara Detik Community Gathering di Garut. Dan seiring waktu ide-ide awal liga blog berevolusi dengan beberapa modifikasi dan kini terealisasi untuk diikuti oleh semua blogger di Indonesia.

Tentu saja terealisasinya Liga Blogger Indonesia ini berkat kerja keras rekan-rekan blogger komunitas Dot Semarang, dan ini patut diapresiasi.  Kini Liga Blogger Indonesia baru dimulai dalam format trial,dan tentunya masih banyak kelemahan dalam sistem yang ada.

Karena event Liga Blogger Indonesia ini mempunyai maksud tujuan yang mulia yakni merangsang blogger untuk aktif posting,gue dan kamu yang mengaku sebagai blogger kiranya turut berpartisipasi dalam Liga Blogger Indonesia.

Mengutip dari sebuah iklan terkenal yang dibintangi legenda musik Iwan Fals, gue mau katakan ini :

Bongkar,Bongkar Kebiasaan Lama Ngeblog dengan ikutan Liga Blogger Indonesia.

2 Responses to "#LigaBloggerIndonesia Bongkar Kebiasaan Lama Ngeblog"

  1. Hmm cara gabungnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftarnya ke dotsemarang.blogdetik.com disitu ada formulir pendaftaran,kak eka ikutan yah :D

      Delete