Lifestyle Sport Blog

Lifestyle Sport Blog

Operasi Semut 28 Berani Mengubah

Perubahan besar berawal dari semangat anak muda. Kita bisa bersatu dalam satu kesatuan tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia karena inisiatif tokoh-tokoh pemuda pada 28 Oktober 1928  yang berkumpul dalam kongres Pemuda ke 2. Indonesia bisa merdeka lebih cepat di tahun 1945 berkat inisiatif tokoh-tokoh pemuda saat itu. Internet bisa berkembang pesat saat ini, itu pun karena kreatifitas anak-anak muda seperti Larry Page, Mark Zuckerberg, Jack Dorsey, dll. 

Minggu 28 Oktober 2012 kemarin bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda. Beragam aksi dilakukan oleh kaum muda untuk mengibarkan  semangat  nilai-nilai positif dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.Salah satu aksi positif yang dilakukan kaum muda pada 28 Oktober kemarin yaitu Operasi Semut 28 yang dilaksanakan di sekitar bunderan HI Jakarta. Operasi Semut adalah sebuah gerakan membersihkan sampah secara massal dengan cara yang menyenangkan sekaligus berbeda. Gerakan Operasi Semut ini berawal dari ide @umenumen yang merasa prihatin dengan semakin bertambahnya jumlah sampah yang mencemari lingkungan di kota Jakarta. Sampah yang dihasilkan kota Jakarta mencapai 6500 ton dalam setahun  (dan kian tahun sampah ini semakin bertambah), dan ironisnya sebagian besar sampah itu bertebaran mengotori jalanan,sungai,dan laut Jakarta. Ide memungut sampah secara massal ini kemudian disebarkan melalui akun  media sosial Facebook dan   twitter @operasisemut. 


Gue yang kebetulan mengetahui gerakan Operasi Semut 28 dari linikala twitter, tanpa pikir panjang mendaftar untuk ikuti kegiatan keren ini. Operasi Semut 28 dimulai sejak pukul 06.30 WIB start dari depan jalan Blora, dan ratusan Pasukan Semut (orang yang mengikuti Operasi Semut) pun berjalan  hingga bunderan HI untuk memunguti sampah yang bertebaran di sepanjang jalan dan di sekitar air mancur bunderan HI. Aksi Operasi Semut 28 ini mengundang apresiasi dari ribuan orang yang tumpah-ruah berolahraga dan bersantai pada Car Free Day.
ratusan anak muda antusias ikuti Operasi Semut 28
Ekspatriat Asing ikutan jadi Pasukan  Semut


Operasi Semut 28 berlangsung hingga pukul 08.30, dan aksi ini berhasil mengurangi  sampah-sampah yang bertebaran pada Car Free Day di seputaran bunderan HI.
Pic form: operasisemut.org
Seusai melakukan aksi Operasi Semut 28, Pasukan Semut dihibur oleh penampilan Kojek Rap Betawi dan Project Pop. Pada satu momen, Project Pop mengajak tim semut bernyanyi bersama menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa sambil mengibarkan bendera Merah Putih. Dengan semangat Pasukan Semut dan orang-orang yang kebetulan melintas dengan lantang dan bangga menyanyikan lagu ini.

pic from @operasisemut
Pic from @CokeAmatilID
Operasi Semut 28 ini memang tidak akan bisa membersihkan semua tumpukan sampah yang ada di Jakarta, namun setidaknya aksi ini bisa menjadi teladan bagi penduduk Indonesia untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Aksi Operasi Semut 28 hanyalah partikel-partikel kecil kegiatan positif yang digaungkan kaum muda dalam membersihkan lingkungan sekitar, namun partikel-partikel kecil ini akan menjadi sesuatu yang besar bila dicontoh secara kontinyu dan massal oleh penduduk Indonesia.
Hai Pemuda-Pemudi Indonesia, Ayo Kita Mengubah Indonesia menjadi lebih baik !! Kita harus Berani Mengubah dari sekarang ! 

6 Responses to "Operasi Semut 28 Berani Mengubah"

  1. KEREN!!! Faith in Humanity...restored ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. You Can Join in Other Project of Operasi Semut..Are You Ready join with us ? :D

      Delete
  2. sayang kemarin aku gak bisa ikutan... kalo ada lagi dan ngga bentrok pasti aku mau banget ikutan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeh kakak,ditunggu kehadiranmu nanti ya kakak :D

      Delete
  3. keren bangeeeet.. semutnya pasti semut rang rang, soalnya merah hehehee

    ReplyDelete