Lifestyle Sport Blog

Lifestyle Sport Blog

iSiaga Solusi Pas Bersihkan E-Trash Jadi Cash

Perkembangan teknologi membuat produsen peralatan elektronik aktif membuat inovasi untuk membuat produk-produk termuktahir. Setiap harinya di seantero bumi, ada ratusan produk baru elektronik yang dirilis dan dijual kepada konsumen.

Perangkat-perangkat teknologi termuktahir tersebut dibuat untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas, dan juga memudahkan manusia untuk berhubungan satu sama lain walau terpisah jarak yang jauh. Sebagai contoh, saat ini hampir semua semua memiliki gadget, walaupun tak semua orang tak hobby dengan gadget.

Namun, dengan semakin banyaknya produk-produk elektronik baru yang beredar, timbullah masalah baru, yaitu semakin banyaknya sampah elektronik akibat barang-barang elektronik yang rusak dan tak terpakai. Sampah elektronik tersebut jamak juga dikenal sebagai E-trash.

E-trash tersebut sering kali dibiarkan saja oleh pemiliknya di dalam gudang, atau malah dibuang sembarangan ke tempat sampah. Padahal E-trash tersebut potensial membuat lingkungan sekitar kita tercemar, karena banyak material beracun di dalamnya semisal merkuri, kadmium dan timbal. Material beracun dalam E-trash tersebut sangat berbahaya bagi manusia, dapat menimbulkan kerusakan otak, kerusakan ginjal dan juga kanker.

Kalau begitu, bagaimana solusi yang pas buat membersihkan E-trash di rumah kita tanpa mengakibatkan kerusakan lingkungan?

Jawaban dari pertanyaan tersebut akhirnya mendapatkan jawaban yang mencerahkan saat saya menghadiri peluncuran layanan EcoCash  iSiaga  bertempat di Pong me! Lounge Gunawarman, Kebayoran. EcoCash  iSiaga digagas oleh perusahaan Lighthouse yang selama ini memiliki basis usaha making web, tech support web, design web dan juga printing.

Layanan EcoCash dari iSiaga adalah produk layanan terbaru dari Lighthouse, yaitu program recycle E-trashe, dengan cara antar jemput langsung E-trash kepada pemiliknya di rumah, dan ditukarkan dengan uang cash.
Amrit Gurbani selaku strategic advisor dari iSiaga menjelaskan, bahwa program EcoCash ini selain memberikan solusi dari permasalahan sampah elektronik dengan cara mendaur ulang sampah-sampah elektronik tersebut setelah dijemput langsung dari pemiliknya di rumah, juga sekaligus berderma. Dengan EcoCash iSiaga tidak langsung kita bisa menyumbangkan uang hasil penjualan ke Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Keuntungan dari program EcoCash iSiaga akan dipakai untuk program HOPE YCAB yaitu program pengembangan wirausaha untuk perempuan daerah miskin.
Amrit Gurbani sedang jelaskan kepada Farhan cara lakukan transaksi EcoCash iSiaga

Amrit Gurbani lalu menerangkan ragam E-trash yang bisa ditukarkan dengan uang cash dalam layanan  EcoCash dari iSiaga adalah komputer bekas, handphone dan tablet bekas, printer bekas, kamera bekas, mesin cuci bekas, televisi bekas dan AC bekas. Yang bikin kita bakal senang, bahwa barang-barang elektronik yang sudah mati total tetap diterima oleh iCash. Detil harga setiap sampah elektronik bisa langsung dicek lewat website-nya http://isiaga.com/ecocash/. Untuk saat ini layanan antar jemput gratis E-trash masih terbatas di area Jakarta dan Tangerang.



Dalam acara peluncuran EcoCash iSiaga ini, hadir juga Sekjen YCAB Foundation, Muhammad Farhan yang dikenal juga sebagai salah satu presenter terkenal di Indonesia. Bung Farhan kemudian memberikan penjelasan apa itu YCAB. Bung Farhan menjelaskan bahwa  YCAB Foundation merupakan salah satu organisasi non-profit yang pada awalnya berfokus pada pengentasan masalah narkoba dan HIV/AIDS. YCAB lalu mengembangkan fokus pada bidang pendidikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat kurang mampu. Dan salah satu sumber dana buat program-program non-profit YCAB adalah dengan cara bekerjasama dengan iSiaga dan para pengguna layanan EcoCash.
(Untuk mengetahui detil tentang YCAB, silakan kunjungi www.ycabfoundation.org )
Farhan menjelaskan program sosial YCAB

Ada tiga tahapan mudah yang akan kita lakukan untuk melakukan transaksi EcoCash i-Siaga:
  1. yang pertama, check harga jual barang secara Online, dengan membuka web www.isiaga.com/ecocash .
  2. lalu Confirm Items secara online barang yang akan kamu tukarkan ke Isiaga. Nantinya petugas iSiaga akan menghubungimu lewat telepon untuk menentukan waktu penjemputan.
  3. yang terakhir, kita bisa memilih apakah akan mendonasikan uang penjualan E-waste ke YCAB atau mengirimkan uang ke rekening pribadi.


Kita juga bisa mendapat informasi lengkap tentang iSiaga selain dari info di web, melalui call center iSiaga di 081290090069 dan surel info@isiaga.com.

Jadi tunggu apalagi, segera saja tukarkan E-trash dirumahmu ke iSiaga. Kita bisa mendapatkan benefit uang cash, dan juga bisa berdonasi dengan cara mendaur ulang sampah-sampah elektronik. Akhir pekan ini saya pun sedang memilah-milah sampah elektronik yang ada di rumah untuk didaur ulang melalui program EcoCash iSiaga.

5 Responses to "iSiaga Solusi Pas Bersihkan E-Trash Jadi Cash"

  1. Siap menularkan barang elektronik aku deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin maksud mbak Lidya, menukarkan barang elektronik ke iSiaga.. hehehe

      Delete
  2. Nah yang kaya gini harus dikembangkan sampe ke daerah2. Semarang juga banyak nih sampah elektronik

    ReplyDelete
  3. yups, semoga aja program EcoCash iSiaga ini bisa tercover hingga seantero nusantara :D

    ReplyDelete
  4. harapan banyak orang biar program ini bisa menjangkau area yang lebih luas

    ReplyDelete