Lifestyle Sport Blog

Lifestyle Sport Blog

Mau Tahu Informasi Tepat Tentang Obat? Yukk Hadiri Talkshow GeMa CerMat

Obat merupakan unsur yang penting dalam upaya peningkatan kesehatan. Obat digunakan untuk pencegahan penyakit, diagnosa, pengobatan dan pemulihan. Namun, obat dapat merugikan kesehatan bila disalahgunakan atau digunakan secara tidak tepat. Menurut Undang-Undang No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, obat didenifisikan sebagai produk biologi yang merupakan bahan atau paduan bahan, digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan dan kontrasepsi untuk manusia.

Penggunaan obat secara tidak rasional dapat mengakibatkan terapi yang tidak efektif dan efisien. Ragam ketidakrasionalan penggunaan obat diantaranya adalah penggunaan obat secara berlebihan (pemborosan, overuse), penggunaan obat yang kurang (underuse) dan penggunaan obat tidak tepat indikasi, dosis, cara dan lama pemakaian, dan lain-lain (misuse). Di antara penggunaan obat yang tidak rasional tersebut adalah penggunaan antibiotik/ antimikroba secara tidak bijak yang mengakibatkan resistensi dan swamedikasi secara tidak tepat oleh masyarakat.

Masyarakat sebagai konsumen sudah selayaknya mendapatkan informasi yang akurat dan memadai mengenai obat yang akan digunakan. Pengetahuan yang benar tentang obat, saat ini kurang dikuasai oleh masyarakat umum. Karena itu Bina Farmasi Kementerian Kesehatan merasa perlu untuk dilakukan pemberdayaan masyarakat agar peduli tentang bagaimana penggunaan obat yang benar, dengan membuat program GEMA CERMAT (Gerakan Masyarakat, Cerdas Menggunakan Obat).

Dalam rangka mensosialiasikan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat, Bina Farmasi Kementerian Kesehatan mengadakan talkshow dengan tema:
' Cerdas Gunakan Obat agar Selamat', yang akan diadakan tanggal 14 November 201, pukul 09.00 - 12.00 WIB di stage Pameran Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51, Hall C 1 - C2 JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Narasumber  talkshow ' Cerdas Gunakan Obat agar Selamat' merupakan orang-orang kompeten di dunia farmasi, yaitu:
  • dr. Purnamawati, SpAK (Ketua Yayasan Orang Tua Peduli; Pengasuh grup milis sehat daan grup GESOBAT)
  • Dra. Azizahwati, Apt (Ketua PD IAI DKI Jakarta, dosen Fakultas Farmasi UI dan Apoteker Praktisi Komunitas)
  • Drs. Bayu Teja Mulyawan, Apt, M.Pharm (Direktur Bina Pelayanan Kefarmasian)
Acara talkshow  bakal dipandu oleh moderator Mira Sahid yang merupakan salah satu netizen ternama di Indonesia (founder Komunitas Emak Blogger).
ilustration source. freepik.com
Mau tahu informasi tepat tentang obat? yukk hadiri talkshow GeMa Cermat, hari Sabtu nanti (14 November). Kalau anda hadir di acara talkshow ini, ilmu didapat, dijamin nggak nambah penyakit karena salah gunakan obat. Hadir dalam talkshow ini.. GRATISSS... 
(sumber ilustrasi: Fanpage GEMA CERMAT)

3 Responses to "Mau Tahu Informasi Tepat Tentang Obat? Yukk Hadiri Talkshow GeMa CerMat"

  1. jauhhh rek di jakarta banyak banget yaa acara nya di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa, jauh di jarak, yang oenting dekat di hatimu.. eeeaa :)

      Delete
  2. yuuuk ... ternyata bermanfaat

    ReplyDelete