Lifestyle Sport Blog

Lifestyle Sport Blog

Mendingan Jadi Marquee Blogger Ketimbang Dijuluki Sebagai Seleblog

Belakangan ini sedang ngehits banget istilah 'Marquee' di Indonesia. Istilah 'Marquee' mendadak ngetop gara-gara 'Marquee Player' yang dikontrak oleh klub-klub sepak bola di Liga Indonesia.

Khusus di Liga Indonesia, label 'Marquee Player' disematkan kepada para pemain yang pernah berpengalaman main di level elit internasional sekelas Piala Dunia, atau berpengalaman main di liga-liga elit kawasan Eropa.

Istilah Marquee Player sudah dikenal sejak beberapa tahun lalu yang ditujukan kepada seorang pemain bintang kelas dunia dengan kemampuan di atas rata-rata, serta punya gaji di atas rata-rata dibandingkan pemain lainnya di satu liga tertentu.

Istilah 'Marquee Player' merupakan idiom dari kata 'Marquee'.

Kata 'Marquee' berasal dari bahasa Inggris yang definisi harfiahnya adalah 'tenda besar' atau 'kemah besar'. Definisi lain dari Marquee yaitu "papan penanda sebuah hotel atau bioskop yang bersinar terang di pinggir jalan".
Menurut ensiklopedia Wikipedia dalam bahasa Inggris, definisi dari 'Marquee Player' adalah seorang atlet profesional yang dianggap sangat populer dan punya kemampuan luar biasa. Marquee player disebut juga designated player. Kehadiran Marquee Player bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan popularitas suatu kompetisi.

Dalam dunia teknologi, Marquee merupakan bahasa HTML untuk memberikan efek sebuah kata atau kalimat menjadi berjalan atau bergerak secara vertikal/horisontal.

Bahasa HTML Marquee ini menghasilkan suatu tampilan yang bergerak sehingga akan sangat menarik perhatian para pengunjung blog/website. Tag Marquee sangat baik jika digunakan untuk menampilkan suatu pengumuman-pengumuman pendek seperti yang umum kita lihat di televisi (running text).

Lalu, sembilan paragraf yang gue buat di atas apa hubungannya dengan judul artikel ini ?
momen kebersamaan di Muktamar Blogger 2013 Taman Langsat
Dalam sebuah diskusi seru di salah satu grup Whatsapp, mendadak tercuat kata 'seleblog'. Ternyata bagi sebagian netizen, pengkastaan 'seleblog' ini agak kurang disukai. Bagi sebagian netizen, istilah 'seleblog' ini membuat beberapa blogger menjadi 'besar kepala', agak angkuh atau terlalu jaga image (jaim).


Istilah 'seleblog' merupakan gabungan kata 'selebriti' dan 'blog/blogger'.

Selebriti merupakan orang-orang tenar yang kerap wara wiri di berbagai media seperti televisi, portal online, koran atau majalah. Selebriti umumnya diasosiasikan kepada orang-orang yang berpenampilan fisik menawan dan kaya raya.
momen keceriaan di Blogger Nusantara 2013 Jogjakarta
Gue pribadi tak terlalu tahu kapan istilah 'seleblog' ini umum digunakan oleh kalangan netizen. Sejak era internet berkembang pesat, dalam berbagai media sosial mulai akrab digunakan istilah seleblog (selebriti blog), selebtwit (selebriti twitter), selebgram (selebriti instagram). 

Seseorang dianggap sebagai seleblog apabila memiliki banyak jumlah pengunjung di blognya. Blog milik seleblog juga sering direview, atau link blog punya seleblog banyak ditautkan di blog blogger-blogger lainnya. 

Sedangkan satu akun dianggap selebtwit dan selebgram apabila memiliki jumlah followers yang sangat fantatis, dari ratusan ribu hingga jutaan pengikut. Sering banget identitas selebtwit dan selebgram terkesan misterius, contohnya akun Lambe Turah. 

Namun, istilah 'Seleblog', 'Selebtwit', 'Selebgram' itu kalau dipikir-pikir agak rancu makna harfiahnya. 

Karena banyak juga  dari 'Seleblog', 'Selebtwit', 'Selebgram' itu merupakan selebriti beneran yang berprofesi sebagai aktor/aktris film, pemeran sinetron, musisi/penyanyi, dan presenter televisi yang namanya sudah tak asing di kalangan masyarakat.

Seorang blogger kawakan (salah satu blogger Indonesia generasi awal) bernama Herman Saksono pernah mempersoalkan istilah 'seleblog'. Menurut Herman Saksono, demi kebaikan umat manusia, istilah blog, seleb, blog seleb, dan seleblog perlu dikaji ulang.

Herman Saksono berpendapat, 

"Seleb, berasal dari bahasa Inggris celebrity. Bahasa Inggris ternyata juga mencomot istilah itu dari bahasa Latin celeber, yang berarti orang yang ngetop, alias orang yang keberadaannya dirayakan, terutama oleh media."

"Karena Bahasa Indonesia menganut aturan DM, maka blognya Ratu Felisha (umpamakan saja Ratu Felisha ngeblog, selain memukuli Andika) disebut dengan blog seleb, atau blog milik seleb. Ratu Felisha akan kita sebut disebut sebagai The Celebrity Who Blogs."

"Sementara itu Oom Priyadi dan Kek Enda yang blognya dibanjiri comment dan dibaca ratusan orang per hari disebut dengan seleb-blog. Mereka ini adalah selebrity di negeri per-ngeblogan."

"Yang agak rumit itu ketika seorang seleb-blog punya blog. Karena itu berarti blog itu disebut blog-seleb-blog. Atau supaya lebih nyaman dibaca sebagai Blogseleblog."

Komunitas blogger Cah Andong punya pemahaman sendiri mengenai 'Seleblog' ini. 

Menurut Cah Andong, 
"Seleblog adalah selebriti yang ngeblog atau bloger yang nyéleb. Seleb yang ngeblog antara lain Dian Sastro, Maylaffayza, dan Joko Anwar. Bloger yang nyéleb antara lain Anangku, Tikabanget, dan Antobilang. Bloger yang tidak nyeleb dan bukan seleb adalah Sujarwatun, Simboan Rajagukguk, dan Siti Supoco".
momen bergembira di Braga Theatre bareng Blogger Bandung- - - - - - - - - - - - - - ---- --  ---- 
DARIPADA RANCU, MENDINGAN PAKAI ISTILAH MARQUEE BLOGGER SAJA

Setelah dipikir-pikir dengan pikiran yang jernih setelah habis ngopi... eeeaaaa.. hahahaha

Daripada pakai istilah 'Seleblog', mendingan digunakan istilah 'Marquee Blogger'.

Marque Blogger dapat didefinisikan sebagai  blogger profesional berprestasi di level nasional atau internasional, dengan kemampuan di atas rata-rata, yang dianggap sangat populer sehingga menjadi pusat perhatian di kalangan netizen

Dari pemaparan panjang lebar di atas tadi, istilah 'seleblog' ini secara harfiah masih rancu, kerap juga diasosiasikan sebagai blogger-blogger agak angkuh yang hanya mau berbaur dengan sesama seleblog. 

Selain itu, status 'selebriti' bisa diraih seseorang karena kelakuan kontroversialnya atau kekonyolannya menjadi tenar, bukan karena prestasinya. 

Contoh kecil, Awakarin dianggap sebagai seleb vlog dan selebgram karena video dan foto-foto kontroversialnya mendadak viral dilihat banyak netizen. 

Biarlah istilah 'seleblog' itu diperuntukkan bagi selebriti beneran yang punya blog.

Dengan label 'Marque Blogger', seorang blogger pastinya memiliki prestasi atau konten-konten bagus yang berpengaruh positif buat netizen lainnya. Label Marquee Blogger otomatis berpengaruh baik bagi sejumlah brand yang meminta endorse. 

Beberapa contoh blogger yang dapat dikategorikan sebagai 'Marque Blogger' di Indonesia karena berprestasi hebat, pengaruhnya besar dan tingkat ketenarannya tinggi di kalangan/komunitas tertentu, antara lain :
  • Trinity (blogger traveler)
  • Diana Rikasari (blogger fashion)
  • Nuniek Tirta Sari ((founder Indonesia Lifestyle Digital Influencer Group & Startup Meet-up)
  • Matahari Timoer (eks Ketua Blogor, Ketua Panitia Blogger Camp Indonesia 2015, aktivis ICT Watch)
  • Daeng Ipul Gassing (eks Ketua Anging Mammiri, Ketua Pelaksana Kopdar Blogger Nusantara 2012) 
  • Pepih Nugraha (pemilik Pepnews, co-founder Selasar, eks COO Kompasiana)
  • Ani Berta (inisiator Sunday Sharing Blogdetik, founder Fun Blogging, kontributor SEREMPAK)
  • Hazmi Srondol (founder Blogger Reporter Indonesia)
  • Shinta Ries (founder Blogger Perempuan)
  • Mira Sahid (founder Emak Blogger)
  • Irvina Lioni (founder Kancut Keblenger)
  • Donna Imelda (pemilik Ayo Pelesiran, co-founder ID Corners)
  • Ya Yat (Kompasianer of The Year, admin Valentino Rossi Indonesia)
  • dan lain lain 
Lantas, kalau blogger ngetop tapi tidak berprestasi lebih banyak kontroversi, julukannya apa dong?

mmmm ... mmm .. mmm

Setelah gue pikir, julukan yang tepat bagi mereka adalah BRO-BLOG (BRONTOK BLOGGER). Brontok adalah jenis virus komputer yang mulai menyebar sejak tahun 2005.. hehehehe
BRO-BLOG lagi kelaparan sehabis posting artikel yang panjang banget

20 Responses to "Mendingan Jadi Marquee Blogger Ketimbang Dijuluki Sebagai Seleblog "

  1. Replies
    1. apanya yang mantab, bang Topik? :))

      Delete
  2. Jadiiiiii.... Brontosaurus Blog aja gw. Hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejenis hewan purba dong... hahahaha

      Delete
  3. Banyak juga istilah yg berkaitan dgn blogger yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maquee Blogger istilah kekinian, mbak :))

      Delete
  4. Ngejelasin seleblogger ajah dah susah... Gak tambah susah jelasin Marque Blogger om hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di atas sudah dijelaskan secara kronologis.... hahahaha

      Delete
  5. ahayyy..jadi tau istilah baru "Marquee Blogger" inisiasinya mas Yos ini, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga iseng.. hehehehe

      Delete
  6. Wkwkwkwkwk... Broblog.. Lucu amat. Salah2 denger malah jd kayak goblog :D. Tp setujulah kalo blog yg terkenal kyk mba trinity, itu dimasukkan ke marquee blog. Lbh keren jg namanya drpd seleb blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog terkenal belum tentu berprestasi loh.. hehehe

      Delete
  7. baru tau istilah marquee blogger & bro-blogger bang. kirain tadi panjangannya brother blogger
    saya newbie blogger aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal bro, kudu makin semangat ngeblognya biar jadi Marquee Blogger :)

      Delete
  8. intinya harus banyak belajar dan terkenal melakukan hal2 yg positif ya,,,, mudah2an dll nti ada nama saya eh,,,,^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga tercapai mbak Mutie

      Delete
  9. huahaha.. Brontok... Rontok Bro ngingetin jaman dulu banget aih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya, istilah Brontok dulu memang ngetop banget

      Delete
  10. Rikues masukin.. Pakde Blontankpoer biar ada mewakili Jawa nya dikit hehe.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, sip, nanti ditambahkan nama Pakde Blontankpoer dalam artikel lanjutan.. hehehe

      Delete