Lifestyle Sport Blog

Lifestyle Sport Blog

Penyimpanan Data Sangat Penting buat Penulis Digital

Tidak terasa sudah sewindu lebih lamanya diriku aktif menjadi penulis di ranah digital. Kegiatan yang tak pernah ku bayangkan sebelumnya, karena sewaktu masih sekolah dan kuliah dulu, diriku kurang begitu menyukai kegiatan mengarang cerita.

Aku memulai menulis di ranah digital sejak platform blog dan media sosial sedang mulai booming di Indonesia. Hanya kata-kata rancu minim makna yang dulu pernah ku tulis di platform multiply. Aku juga rajin membuat berbagi testimoni di friendster. Pengguna lawas medsos pasti kenal dengan multiply dan friendster yang kini telah 'almarhum'.
foto kenangan bersama rekan-rekan blogger detik di Garut tahun 2011/ fotografer: Asmarie
Pada awal tahun 2010, diriku mulai aktif membuat berbagai tulisan di blogdetik' dan dagdigdug, dua platform blog lokal asli Indonesia yang saat itu ngetop banget. Sayangnya, sekarang 'dagdigdug' pun telah tiada. 

Aku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan rutin menulis di ranah digital. Mendapatkan banyak wawasan baru, mendapat pelajaran-pelajaran penting bagaimana mengelola dan me-monetize blog.

Diriku juga mendapatkan banyak teman-teman baru yang keren dan inspiratif, melakukan berbagai kegiatan positif. Juga mendapatkan berbagai kesempatan untuk bertemu langsung dengan tokoh-tokoh penting dan tenar di negeri ini. 
kenangan dalam acara Muktamar Blogger tahun 2013 di Taman Langsat/ foto: Karel Anderson
Berbagai pengalaman membanggakan pernah ku dapatkan dari aktifitas ngeblog. Saat awal-awal ngeblog, aku pernah memenangkan kompetisi menulis walau gaya penulisanku masih amburadul. Pernah pula dua tahun berturut-turut menjadi pemenang utama lomba menulis bertema sepak bola.
bertemu pemain bola terbaik dunia tahun 2006, Fabio Cannavaro dalam liputan di Senayan/ fotografer: Choirul Huda

Diriku pun pernah beberapa kali dipercaya oleh brand tertentu untuk meng-endorse produk mereka. Kegiatan ini tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Harus diakui, blogger sekarang memiliki kesempatan luas menjadikan hobby menulis yang digeluti sebagai profesi ber-benefit tinggi. 

Manfaat positif lainnya dari aktif ngeblog, sejak enam tahun terakhir aku menggeluti profesi yang ada kaitannya dengan kegiatan menulis di ranah digital. Aku bersyukur pernah mendapatkan kesempatan menjadi editor, content writer, SEO dan social media specialist.

Dalam beberapa tahun terakhir, di sela-sela pekerjaan rutin, aku masih rajin setiap hari membuat berbagai artikel di blog. Dalam dua tahun belakangan, aku aktif fokus membuat berbagai artikel bertema olahraga di empat platform berbeda. 

Walau terkadang melelahkan, aku tetap bersemangat dan bergembira membuat artikel-artikel olahraga, karena menyaksikan pertandingan olahraga memang kegemaranku sejak kecil.
pernah beberapa kali masuk tivi gegara ngeblog, dalam program Kompasiana TV/ capture Agung Han
Pernah diriku membaca kutipan kata-kata dari seorang blogger senior yang mengatakan,"Tulislah sejarahmu lewat tulisan yang kau buat di blog." 

Ya, kita bisa mengenang masa-masa lalu dari tulisan blog kita, yang mungkin terlupakan dalam memori ingatan pikiran. 

Tetapi, tak ada yang abadi di muka bumi ini. Jejak digital pun bisa terhapus. Aku belajar dari pengalaman, banyak tulisan lawasku di multiply dan dagdigdug kini telah terhapus selamanya, tak dapat diakses lagi. Aku pun menyesal, dulu tidak kepikiran untuk membuat back-up dari tulisan-tulisanku yang kini menghilang tersebut. 

salah satu USB yang ku pakai
Sejak tiga tahun lalu, aku mulai rajin menyimpan data-data kumpulan artikel serta foto-foto yang pernah ku terbitkan di ranah digital. Aku menyimpannya di USB dan harddisk yang banyak dijual di MatahariMall.com

Kapan pun, kini aku bisa menengok kembali belasan ribu artikel yang pernah ku buat, berkat menyimpan data dengan rapi. Aku tidak merasa khawatir lagi 'kehilangan sejarah' sendiri, apabila kelak platform blog yang ku pakai 'almarhum'. 

Kelak, kumpulan artikel dan foto-foto hasil buatanku yang tersimpan di penyimpanan data dapat menjadi warisan berharga yang dapat dibaca dan berguna oleh anak cucuku. Penyimpanan data sungguh penting bagi para penulis digital.

0 Response to "Penyimpanan Data Sangat Penting buat Penulis Digital"

Post a Comment