Informasi lengkap ASIAN GAMES 2018 Jakarta-Palembang - Sport Blogger Indonesia

Breaking News

Statistik Hasil Pertandingan Belgia vs Jepang - 16 Besar Piala Dunia 2018

Sekilas Hasil Pertandingan Belgia vs Jepang - 16 Besar Piala Dunia 2018

Belgia melakukan come back istimewa untuk memastikan satu tempat di babak perempat final Piala Dunia 2018. The Red Devils Belgia sempat tertinggal skor 0-2, dan mampu berbalik unggul 3-2 atas Jepang dalam laga dramatis yang berlangsung di Rostov Arena.
Belgia vs Jepang - 16 Besar Piala Dunia 2018

Belgia mengendalikan jalannya pertandingan dan agresif menyerang, namun Jepang bertahan rapat yang membuat pemain Belgia kesulitan dapatkan ruang tembak.

Belgia melepaskan dua tembakan beruntun pada menit ke-27. Dries Mertens melepaskan sepakan keras yang masih dapat diblok. Kemudian tembakan Eden Hazard dapat ditepis Eiji Kawashima.

Sebuah serangan balik dilancarkan Jepang pada menit ke-30. Yuto Nagatomo melepas umpan silang dari sisi kiri, bola berhasil disundul Takashi Inui namun bola tepat ditangkap Thibaut Courtois.

Thibaut Courtois membuat blunder pada menit ke-42. Courtois gagal menangkap bola dengan baik saat mengantisipasi tembakan dari Yuya Osako. Bola bergulir menuju gawang, dengan refleks cepat Courtois kembali menangkap bola.

Jepang membuat pemain Belgia tersentak di awal-awal menit babak kedua. Jepang mencetak gol pada menit ke-48 yang berawal dari umpan terobosan Gaku Shibasaki yang gagal dihentikan Jan Vertonghen. Bola diterima oleh Genki Haraguchi yang kemudian digiring ke kotak penalti Belgia. Haraguchi lantas lepaskan tembakan ke gawang, dan bola tak bisa dihentikan Courtois.
Belgia vs Jepang - 16 Besar Piala Dunia 2018
pemain Jepang rayakan gol/ foto: fifa.com
Tak lama berselang, Belgia nyaris menyamakan kedudukan lewat tembakan Eden Hazard. Bola masih membentur tiang gawang Jepang. Keunggulan Jepang bertambah pada menit ke-52. Takashi Inui sukses mencetak gol lewat tembakan keras dari luar kotak penalti.

Timnya tertinggal dua gol membuat pelatih Belgia, Roberto Martinez berinisiatif memasukkan Fellaini dan Chadli untuk menambah gedoran serangan. Belgia berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-69.

Gol berawal dari usaha Kawashima menepis bola sepak pojok Belgia. Bola mental kepada Makoto Hasebe yang berusaha menyapunya, namun bola melintir mengarah kepada Jan Vertonghen yang ada di sisi kiri kotak penalti. Jan Vertonghen secara jitu menyundul bola mengarah ke tiang jauh yang membuat Eiji Kawashima mati langkah.

Belgia menyamakan skor jadi 2-2 di menit ke-74. Marouane Fellaini melesakkan gol dengan sundulan usai menyambut umpan silang akurat dari Eden Hazard.  The Red Devils semakin bersemangat menggempur pertahanan Jepang.
Belgia vs Jepang - 16 Besar Piala Dunia 2018
Fellaini merayakan gol bersama rekan setim/ foto: fifa.com
Pada menit ke-85, Kawashima menepis bola sundulan jarak dekat Nacer Chadli dan Romelu Lukaku. Pada masa injury time Jepang kebobolan lagi dari skema serangan balik.

Proses gol penentu kemenangan Belgia berawal dari bola sepak pojok Jepang yang ditangkap oleh Courtois. Bola kemudian dioper Courtois kepada Kevin De Bruyne yang melakukan solo run. Bola kemudian dioper oleh De Bruyne kepada Thomas Meunier yang berlari di sisi kanan.

Meunier mengumpan bola ke kotak penalti Jepang. Nacer Chadli yang berdiri bebas dengan mudah menjebol gawang Jepang. Belgia berbalik unggul 3-2 dan pastikan lolos ke perempat final.
Chadli bergembira usai mencetak gol penetu kemenangan Belgia/ foto: fifa.com


Line-up Pemain Belgia vs Jepang - 16 Besar Piala Dunia 2018
BELGIA
JEPANG
1. Thibaut Nicolas Marc Courtois
 1. Eiji Kawashima
4. Vincent Jean Mpoy Kompany
22. Maya Yoshida
2. Tobias Toby Albertine Maurits Alderweireld
 3. Gen Shoji
5. Jan Bert Lieve Vertonghen
19. Hiroki Sakai
6. Axel Laurent Angel Lambert Witsel
 5. Yuto Nagatomo
15. Thomas Meunier
 7. Gaku Shibasaki (out ‘81)
11. Yannick Ferreira Carrasco (out ‘65)
17. Makoto Hasebe
7. Kevin De Bruyne
 8. Genki Haraguchi (out ‘81)
14. Dries Mertens (out ‘65)
14. Takashi Inui
10. Eden Michael Hazard
10.Shinji Kagawa
9. Romelu Menama Lukaku Bolingoli
15. Yuya Osako
Substitutes
BELGIA
JEPANG
 8. Marouane Fellaini Bakkioui (in ‘65)
 4. Keisuke Honda (in ‘81)
22. Nacer Chadli (in ‘65)
16. Hotaru Yamaguchi (in ‘81)

GOL
ASSIST
SKOR
Genki Haraguchi ‘48
Gaku Shibasaki
Belgia 0-1 Jepang
Takashi Inui ‘52
Shinji Kagawa
Belgia 0-2 Jepang
Jan Bert Lieve Vertonghen ‘69
_
Belgia 1-2 Jepang
Marouane Fellaini Bakkioui ‘74
Eden Michael Hazard
Belgia 2-2 Jepang
Nacer Chadli ‘90+4
Thomas Meunier
Belgia 3-2 Jepang
STATISTIK PERTANDINGAN
Belgia
Jepang
Belgia
Jepang
Peluang
24
  11
Possesion Ball
56  %
44  %
Shot on Target
 9
  4
Umpan
621
453
Shot off Target
10
  4
Umpan Sukses
540
374
Corner
10
  6
Saves
  3
  5

Kartu Kuning:
G.Shibasaki '40

No comments