Breaking News

Statistik Pertandingan Prancis vs Belgia Semifinal Piala Dunia 2018

Kilasan Pertandingan Prancis vs Belgia Semifinal Piala Dunia 2018

Timnas Prancis lolos ke partai puncak Piala Dunia 2018. Les Bleus lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah ungguli Belgia dengan skor 1-0. Prancis dalam rentang dua tahun lolos ke dua final turnamen besar. Les Bleus juga lolos ke final Piala Eropa tahun 2016 lalu. Timnas Prancis untuk kali ketiga tembus final Piala Dunia.

Pertandingan berlangsung sengit dalam tempo tinggi sejak kick off dimulai, kedua tim saling serang dan menciptakan banyak peluang.
Prancis vs Belgia Semifinal Piala Dunia 2018
foto: Lee Smith/Reuters
Peluang pertama diciptakan Belgia pada menit ke-16. Eden Hazard melepaskan tembakan menyilang setelah mendapatkan operan bola dari Kevin De Bruyne. Tapi arah bola masih meleset tipis dari gawang Prancis.

Prancis membalas ancaman dua menit kemudian. Tembakan jarak jauh dilepaskan oleh Blaise Matuidi. Bola masih dapata diamankan kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Belgia membuat peluang berbahaya pada menit ke-22. Tembakan kencang Toby Alderweireld mengarah ke gawang Prancis. Dengan gerak cepat Hugo Lloris melayangkan tubuh sambil menepis bola keluar lapangan.

Semenit kemudian Prancis gantian mengancam Belgia melalui peluang yang didapatkan oleh Olivier Giroud. Giroud yang dalam posisi membelakangi gawang, menyundul bola umpan silang dari Benjamin Pavard. Arah bola masih  melenceng.

Pada menit ke-34, umpan panjang dari Kylian Mbappe disambut sepakan oleh Giroud. Namun bola masih meleset dari sasaran. Ancaman Prancis berikutnya dibuat Benjamin Pavard pada menit ke-40. Pavard yang melakukan akselerasi hingga kotak penalti Belgia, lalu melepaskan tembakan dari jarak dekat. Refleks bagus dilakukan oleh Thibaut Courtois yang memblok bola dengan kakinya.

Serangan gencar Prancis akhirnya mendapatkan hasil saat laga memasuki menit ke-51. Samuel Umtiti mencetak gol lewat sundulan usai menyambut umpan sepak pojok dari Griezmann. Umtiti sebelumya melompat terlebih dulu mengalahkan Marouane Fellaini dalam duel udara.
foto: Lee Smith/Reuters
Prancis berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-57. Giroud mendapatkan bola di kotak penalti dan segera menendangnya. Masih ada Mousa Dembele yang dengan cepat memblok bola.

Belgia mendapatkan kesempatan menyamakan skor pada menit ke-81. Axel Witsel melepaskan tembakan jarak jauh yang membuat Hugo Lloris kerepotan meninju bola.

Di masa injury time, Prancis sempat dua kali mengancam gawang Belgia lewat tembakan Antoine Griezmann dan Corentin Tolisso. Dua peluang Prancis tersebut masih bisa digagalkan oleh Courtois. Prancis sukses mempertahankan keunggulan 1-0 atas Belgia, dan memastikan lolos ke final Piala Dunia 2018.
Line-up Pemain 
PRANCIS
BELGIA
 1. Hugo Lloris
 1. Thibaut Nicolas Marc Courtois
 4. Raphael Xavier Varane
 4. Vincent Jean Mpoy Kompany
 5. Samuel Umtiti
 2. Tobias Toby Albertine Maurits Alderweireld
 2. Benjamin Pavard
22. Nacer Chadli (out ‘90+1)
21. Lucas Francois Bernard Hernandez
 5. Jan Bert Lieve Vertonghen 
13. N'golo Kante
 6. Axel Laurent Angel Lambert Witsel
14. Blaise Matuidi (out ‘86)
19. Mousa Dembele (out ‘60)
 6. Paul Labile Pogba
 8. Marouane Fellaini Bakkioui (out '80) 
10.Kylian Mbappe Lottin
 7. Kevin De Bruyne
 7. Antoine Griezmann
10. Eden Michael Hazard
 9. Olivier Giroud (out ‘85)
 9.  Romelu Menama Lukaku Bolingoli 
Substitutes
PRANCIS
BELGIA
15. Steven N'Kemboanza Mike Nzonzi  (in'85)
14. Dries Mertens (in ‘60)
12. Corentin Tolisso (in ‘86)
11. Yannick Ferreira Carrasco (in ‘80)
 _
21. Michy Batshuayi Atunga (out '90+1) 
GOL
ASSIST
SKOR
Samuel Umtiti ‘51
Antoine Griezmann
Prancis 1-0 Belgia
STATISTIK PERTANDINGAN
Prancis
Belgia
Prancis
Belgia
Peluang
19
  9
Possesion Ball
40  %
60  %
Shot on Target
 5
  3
Umpan
342
629
Shot off Target
 8
  5
Umpan Sukses
294
565
Corner
 4
  5
Saves
  3
  4

Kartu Kuning:
E.Hazard '63; T.Alderweireld '71; N.Kante '87; K.Mbappe '90+2; J.Vertonghen '90+4

(sumber foto & statistik: fifa.com)

No comments